Rencana Pagelaran Gondang Batak 2008 di Tobasa

tiket2

Tiket Pagelaran Revitalisasi Musik Tradisi: TOBA

Dalam satu waktu, TB Silalahi Center, memperoleh kesempatan untuk menjadi tuan rumah suatu acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemkab Tobasa. Tuan rumah dalam artian sebagai penyedia tempat. Event tersebut berupa seminar tentang budaya Batak. Dan salah satu narasumber yang diundang adalah beberapa orang yang peduli dengan musik Batak khususnya gondang Batak. Dalam kesempatan tersebut pula, kami berkenalan dengan para beliau ini.

Singkat cerita ternyata kerinduan kita sama, keinginan untuk melestarikan budaya Batak. Dan dari perbincangan yang alot kami menemukan satu kesempatan untuk dapat secara bersama-sama mewujudkan impian tersebut. Kebetulan saat itu "para beliau" ini sedang terlibat dalam satu program revitalisasi godang Batak yang didanai oleh Ford Foundation Jakarta. Program ini telah dilaksanakan selama satu tahun belakangan ini. Dan sebagai end product dari program tersebut, akan diadakan suatu pagelaran gondang yang ditujukan sebagai evaluasi keberhasilan program. Tentu saja ditawarkan dengan kesempatan sebaik ini, kami tidak akan menyia-nyiakannya. Maka disepakati bersama TB Silalahi Center akan turut berpartisipasi dalam pagelaran tersebut sebagai salah satu sponsor dan pelaksana pagelaran.

Saat ini kami bersama dengan rekan dalam tim di TB Silalahi Center sedang mempersiapkan rencana pagelaran ini, dan jika tidak ada halangan yang berarti, acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 November mendatang. Saya pribadi sangat berharap bahwa acara ini akan sukses dan impian untuk memulai langkah preservasi budaya Batak khususnya gondang Batak dapat terbuka lebar.

Saya juga berharap bahwa acara ini dapat terdengar luas dan dapat menjangkau lebih banyak audience sehingga semakin banyak orang yang boleh mengenal tentang budaya Batak dan kekayaannya. Nantikan liputan saya selanjutnya dalam pelaksanaan pagelaran gondang Batak 2008 ini.

Salam.

First Published: 12.11.2008

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup dengan keikhlasan hati

Sibiru yang sesak-membuatku sesak juga